Sabtu, 04 Juni 2011

PROLOG

Pemasaran global membutuhkan suatu strategi sebagai upaya mengidentifikasi suatu kelompok dan Negara, salah satunya adalah dengan menentukan segmenting, targeting, positioning dan branding dalam konteks pemasaran global.
Segmentasi pasar lebih memfokuskan kepada berbagai karakteristik yang berpengaruh pada reaksi kelompok bersangkutan terhadap stimulus pemasaran.Pemasar tidak menciptakan segmen, tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan yang mana yang akan menjadi target. Pemasaran segmen memberikan beberapa manfaat dibandingkan pemasaran masal.Perusahaan dapat lebih mudah memilih saluran distribusi dan saluran komunikasi yang terbaik, dan ia juga akan memiliki gambar yang jelas tentang para pesaingnya, yang merupakan perusahan-perusahaan yang mengejar segmen yang sama. Targeting adalah proses mengevaluasi segmen pasar dan memusatkan upaya pemasaran pada Negara, kawasan atau kelompok orang yang memiliki potensi signifikan untuk bereaksi secara positif terhadap stimulus pemasaran dari perusahaan. Positioning pada prinsipnya adalah berusaha menempatkan produk dalam benak pelanggan sasaran sedemikian rupa, sehingga memperoleh posisi yang unik dan unggul dibandingkan produk pesaing. Seperti halnya positioning, isu pokok dalam global branding menyangkut standarisasi (menggunakan satu merek global, versus adaptasi (beberapa merek nasional/lokal berbeda).

Dengan adanya blog ini, kami sebagai pecinta dan pemerhati dunia pemasaran, bermaksud ingin berbagi wawasan dan pengetahuan kami mengenai dunia pemasaran dan isu-isunya khususnya dalam ruang lingkup global marketing, kami berharap semoga blog ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan ilmu pengetahuan bisnis untuk menuju masyarakat Indonesia yang mengglobal.

1 komentar:

  1. Berkunjung kesini untuk pemberitahuan. Dalam hal ini mohon untuk dimaklumi, yaitu kegiatan unfollow masal pada blog yang tidak sesuai kriteria, diantaranya: Artikel tidak up to date melebihi batas normal posting perminggunya. Kegiatan ini dilakukan semata-mata untuk optimasi blog agar tetap terjaga. Jika kurang berkenan bisa konfirmasikan melalui buku tamu, thanks.

    BalasHapus